Wikipedia Bahasa Indonesia

Wikipedia Bahasa Indonesia

Wikipedia Bahasa Indonesia

Wikipedia bahasa Indonesia persembahan dari Supranatural Nusantara

Di bawah ini adalah Wikipedia bahasa Indonesia yang Anda cari, selamat membaca, semoga bermanfaat.

 

 

Tentang Wikipedia

Wikipedia adalah proyek ensiklopedia multibahasa jaringan bebas dan terbuka, dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Florida, Amerika Serikat. Nama Wikipedia berasal dari gabungan kata Wiki dan ensiklopedia.

 

Wikipedia Bahasa Indonesia

Wikipedia bahasa Indonesia (WBI) adalah Wikipedia edisi bahasa Indonesia. Seperti situs Wikipedia lainnya di dunia, subdomain Wikipedia bahasa Indonesia awalnya terletak di id.wikipedia.com.

 

Wikipedia bahasa Indonesia adalah Wikipedia bahasa Asia dengan pertumbuhan tercepat kelima setelah Wikipedia Jepang, Cina, Korea dan Turki. Ini berada di peringkat ke-24 dalam hal kedalaman di antara Wikipedia. Tangkapan layar halaman utama pada masa-masa awal WBI dapat diakses di situs web Wayback Machine, dengan deskripsi perubahan terakhir yang ditandai dengan revisi kelima pada 19 November 2002. Artikel pertama di WBI adalah Electron, dibuat pada 30 Mei 2003. Salah satu area di mana Wikipedia bahasa Indonesia memiliki lebih banyak artikel daripada versi bahasa lainnya adalah artikel tentang wilayah administrasi di Indonesia.

 

Sejarah Wikipedia Bahasa Indonesia

Awalnya, kontributor pertama yang diakui oleh media massa di Indonesia adalah Revo Soekatno. Pada tahun 2004, Revo menggambarkan Wikipedia di Majalah Tempo sebagai “The Encyclopedia of Kos Rooms”. Revo juga menyebutkan potensi Wikipedia dengan menunjukkan bahwa bahasa lain yang digunakan di Indonesia seperti Wikipedia bahasa Jawa dan Wikipedia bahasa Sunda sudah memiliki Wikipedia dalam bahasa tersebut. Dalam artikelnya Majalah Tempo menulis bahwa kontributor wikipedia mungkin tidak terkenal di dunia nyata. “Para kontributor ini mungkin juga tidak diundang ke seminar atau wawancara penting, dan ketika ditanyai oleh ilmuwan terkenal, mereka bahkan mungkin tidak mengenali nama mereka.”

 

Pada tahun 2006, majalah TIME mengeluarkan artikel tentang person of the year yang menyatakan bahwa orang yang terpilih adalah “Kamu” (“Kamu”), artikel ini membahas tentang kolaborasi di Wikipedia, setelah itu Harian Kompas menerbitkan artikel tentang Revo sebagai “Bapak Wikipedia bahasa Indonesia”. Artikel ini juga menegaskan bahwa semangat untuk berkontribusi sebagai “kecanduan di dunia maya yang harus didukung”. Media lain melihat Revo sebagai salah satu “aktivis yang membangun portal komunitas di Indonesia”, dan memuji kontribusinya sebagai salah satu alasan mengapa Wikipedia bahasa Indonesia dikenal di internet.

 

Pada 5 Agustus 2022, Wikipedia bahasa Indonesia memiliki 625.955 artikel. Pada Februari 2009, Wikipedia bahasa Indonesia mencapai artikelnya yang ke-100 ribu, dan artikel yang ke-500 ribu pada Agustus 2019. Saat artikel ini dipublikasikan Wikipedia Indonesia memiliki 3.222 kontributor aktif.

 

 

Wiki Adalah

Wiki adalah sebuah situs web (atau koleksi dokumen hiperteks lainnya) yang memperbolehkan penggunanya menambah atau menyunting (mengedit) isi situs tersebut. Istilah ini juga dapat merujuk kepada perangkat lunak kolaboratif yang digunakan untuk menciptakan situs website.

 

WikiWikiWeb kadang digunakan untuk merujuk kepada Portland Pattern Repository, wiki yang paling pertama diciptakan. Pendukung penggunaan ini mengusulkan penggunaan huruf kecil ‘w’ untuk membedakan istilah generik yang sedang dibicarakan di sini. Wiki wiki berasal dari istilah bahasa Hawaii untuk “cepat” atau “super-cepat”

 

Kadang istilah wikiwiki atau WikiWiki digunakan daripada wiki. Istilah-istilah ini dapat digunakan secara bergantian meskipun perbedaan pandangan mengenai kapitalisasi juga dapat diterapkan dalam cara yang mirip.

 

Wikipedia merupakan aplikasi yang berbasiskan wiki dan merupakan situs wiki paling populer saat ini.

 

Ciri-ciri

Menurut Ward Cunningham, sebuah situs web merupakan wiki jika memiliki ciri-ciri berikut:

 

  • Wiki memungkinkan pengguna untuk mengubah sebuah halaman maupun membuat halaman baru dalam situs web, dengan menggunakan peramban web.
  • Wiki dapat menunjukkan keterkaitan antara sebuah halaman dengan halaman lainnya, menggunakan pranala dalam halaman.
  • Wiki mengundang pengunjung untuk ikut terlibat dalam membuat dan berkolaborasi yang membangun situs web tersebut.
  • Wiki memudahkan para penggunanya

 

Keamanan

Karena wiki dapat diubah oleh semua orang, ada beberapa masalah yang dapat terjadi yaitu:

 

Vandalisme, yaitu penambahan, penghapusan, atau pengubahan isi web untuk menurunkan kualitas dari wiki tersebut.

Perangkat lunak perusak (malware). Seorang pengguna dapat menambah pranala yang berisi perangkat tersebut.

Ensiklopedia Adalah

Ensiklopedia adalah karya referensi atau ringkasan yang menyediakan rangkuman informasi dari semua cabang pengetahuan atau dari bidang tertentu. Ensiklopedia terbagi menjadi artikel atau entri yang sering disusun menurut alfabet dan terkadang oleh kategori tematik. Artikel ensiklopedia lebih panjang dan lebih rinci daripada kamus yang paling banyak sekalipun. Secara umum, tidak seperti entri kamus yang berfokus pada informasi linguistik tentang kata-kata, seperti makna, pengucapan, penggunaan, dan bentuk gramatikal, artikel ensiklopedia berfokus pada informasi faktual mengenai subjek yang disebutkan dalam judul artikel.

 

Ensiklopedia telah ada selama sekitar 2.000 tahun yang lalu dan telah berevolusi sejak saat itu hingga bahasa (ditulis dalam bahasa internasional atau bahasa vernakular), ukuran (beberapa atau banyak volume), maksud (presentasi dari pengetahuan global atau jangkauan pengetahuan terbatas), persepsi budaya (latar belakang, minat, kelayakan, kemampuan), dan teknologi yang tersedia untuk produksi dan distribusi (manuskrip tulisan tangan, kecil atau besar), persepsi budaya. Sebagai sumber informasi tepercaya yang dikumpulkan oleh para ahli, versi cetak banyak ditemukan di perpustakaan, sekolah dan institusi pendidikan lainnya.

 

Munculnya versi digital dan sumber terbuka di abad ke-20 telah memperluas jangkauan aksesibilitas, kepengarangan, pembaca, dan variasi entri ensiklopedia dan mempertanyakan gagasan tentang ensiklopedia dan relevansi penerapan pada produksi dinamis seperti tradisional.

 

Entomologi

Kata “ensiklopedia” diambil dari bahasa Yunani; enkyklios paideia (ἐγκύκλιος παιδεία) yang berarti sebuah lingkaran atau pengajaran yang lengkap. Maksudnya ensiklopedia itu sebuah pendidikan paripurna yang mencakup semua lingkaran ilmu pengetahuan. Sering kali ensiklopedia dicampurbaurkan dengan kamus dan ensiklopedia-ensiklopedia awal memang berkembang dari kamus. Perbedaan utama antara kamus dan ensiklopedia ialah bahwa sebuah kamus hanya memberikan definisi setiap entri atau lemma dilihat dari sudut pandang linguistik atau hanya memberikan kata-kata sinonim saja, sedangkan sebuah ensiklopedia memberikan penjelasan secara lebih mendalam dari yang kita cari. Sebuah ensiklopedia mencoba menjelaskan setiap artikel sebagai sebuah fenomena. Atau lebih singkat: kamus adalah daftar kata-kata yang dijelaskan dengan kata-kata lainnya sedangkan sebuah ensiklopedia adalah sebuah daftar hal-hal yang kadang kala dilengkapi dengan gambar untuk lebih menjelaskan.

 

Ensiklopedia pada Masa Klasik Antik di Eropa

Kata Ensiklopedia berasal dari bahasa Yunani, terutama bahasa Yunani kuno. Walaupun begitu, ensiklopedia tertua bukanlah berasal dari Yunani tetapi dari Kekaisaran Romawi yang ditulis oleh Marcus Porcius Cato dan hidup pada abad ke-3 sampai 2 sebelum Masehi. Bentuk ensiklopedia yang masih ada sampai sekarang dan tertua ditulis oleh Caius Plinius Secundus pada abad pertama Masehi. Ensiklopedia Plinius ini terdiri dari 38 jilid.

 

Sejarah Ensiklopedia Di Dunia Modern

Pada era modern, kata ensiklopedia pertama kali dipakai oleh Paul Scalich, seorang penulis Jerman pada tahun 1559. Lalu filsuf Inggris Francis Bacon pada awal abad ke-17 memakai kata ini pada arti modern.

 

Tetapi makna kata ensiklopedia baru dipakai dalam artinya seperti hari ini setelah Denis Diderot, seorang penulis dan filsuf Prancis juga memakai kata ini untuk memberi nama proyek yang sedang dikerjannya. Proyeknya yang juga dikatakan proyek abad ke-18 ini berlangsung selama 30 tahun, dari tahun 1750 – 1780. Tujuan proyeknya ini untuk menulis secara sistematis semua pengetahuan yang diketahui oleh umat manusia.

 

Dalam bahasa Prancis ensiklopedia Diderot ini disebutnya: Encyclopédie ou Dictionnaire raisonné des sciences, des arts et des métiers. Artinya dalam bahasa Indonesia ialah “Ensiklopedia atau kamus beranotasi tentang ilmu pengetahuan, seni, dan pekerjaan.

 

Ensiklopedia Di Indonesia

  • Era klasik

Ensiklopedia tertua di Indonesia berasal dari pulau Jawa dari budaya Jawa-Hindu dan ditulis dalam bahasa Jawa Kuno. Ensiklopedia ini disebut Cantaka Parwa dan berisi segala macam ilmu pengetahun dan cerita-cerita mitologi dan wiracarita. Kemungkinan besar kitab Cantaka Parwa ini ditulis pada abad ke-9 Masehi.

 

Selain Cantaka Parwa, kitab Canda Kirana yang kurang lebih berasal dari masa yang sama pula pantas disebut pula. Tetapi Canda Kirana sebenarnya lebih menampakkan ciri-ciri khas kamus daripada ensiklopedia.

 

Lalu pada masa pasca-Hindu atau masa Islam Jawa, antara abad ke-16 sampai abad ke-18, muncul karya-karya sastra yang sebenarnya bukan dimaksudkan sebagai ensiklopedia, tetapi bersifat ensiklopedis. Kitab-kitab yang dimaksud ini adalah Serat Centhini dan Serat Cabolang. Kitab-kitab ini berisikan cerita siswa yang mengembara dan belajar di mana-mana. Di setiap tempat di mana ia singgah, di situ ia belajar hal baru. Kitab-kitab ini yang tidak jarang tebalnya berjilid-jilid, pada mulanya memang diperkirakan memang kumpulan karya-karya mengenai segala macam ilmu pengetahuan yang dirangkai menjadi satu.

 

Kemudian pada pertengahan abad ke-19, sang pujangga Surakarta; Ranggawarsita menulis sebuah karya sastra yang disebutnya Pustaka Raja Purwa (“Kitab Raja Kuno”). Kitabnya ini yang sangat digemari oleh khalayak ramai kala itu, memuat segala macam cerita tentang sejarah raja-raja kuno dan lain hal. Cerita-cerita ditulis secara kronologis oleh Rangga Warsita. Bahkan setelah Rangga Warsita tidak melanjutkan kitab ini, kitab ini dilanjutkan oleh para penggemarnya.

 

Pada tahun 1898, sebuah karya bersifat ensiklopedis ditulis di Surakarta oleh ki Padmasusastra (Wira Pustaka). Kitab ini oleh Padmasusastra dinamainya Bauwarna. Karyanya ini sudah bersifat modern, karena semua bahan-bahan yang dibahas dan dimuat dalam bukunya disusun menurut abjad. Saat ini naskah tersebut tersimpan di Museum Radyapustaka Surakarta.

 

  • Era Kontemporer

Orang-orang Indonesia yang mengecap pendidikan kolonial Belanda, mulai akhir abad ke 19 dan awal ke 20 mulai tertarik dengan ide-ide dan gaya pemikiran Dunia Barat. Lalu muncullah karya-karya yang bersifat ensiklopedia dalam bahasa Indonesia. Sejarah ensiklopedia di Indonesia mulai dikenal tahun 1954 (setelah Indonesia merdeka) dengan diterbitkannya Ensiklopedia Indonesia, tahun 1977 terbit sebuah Ensiklopedi Umum kemudian Ensiklopedi Indonesia (1981).

 

Pada era pasca Kemerdekaan Indonesia, terutama dewasa ini ensiklopedia yang terkenal antara lain adalah Ensiklopedia Indonesia yang telah disebut di atas ini. Selain itu ada pula Ensiklopedi Nasional Indonesia yang terdiri dari 18 jilid. Lalu pada dasawarsa terakhir abad ke-20 muncul pula ensiklopedia yang berasaskan agama Islam dan disebut Ensiklopedia Islam Indonesia. Salah seorang penyusun ensiklopedia terakhir ini adalah Nurcholish Madjid.

 

Lalu ada pula ensiklopedia berdasarkan ajaran Katolik berjudul Ensiklopedia Gereja yang disusun oleh Adolf Heuken.

 

Selain itu ada pula beberapa ensiklopedia-ensiklopedia kecil yang tidak terlalu penting dan merupakan terjemahan dari bahasa-bahasa asing. Biasanya ensiklopedia-ensiklopedia ini merupakan ensiklopedia-ensiklopedia remaja atau anak-anak.

 

Ensiklopedia Pada Masa Depan

Dengan munculnya revolusi informasi digital, maka muncullah pula ensiklopedia dalam bentuk perangkat lunak di mana setiap entri atau lemma bisa dicari dengan mudah. Sebuah contoh ialah Encarta, ensiklopedia keluaran Microsoft. Pada tahun 2001 muncul sebuah ensiklopedia populer di internet yaitu Wikipedia. Wikipedia berusaha menulis sebuah ensiklopedia yang terlengkap dalam semua bahasa di dunia dan menyajikannya secara bebas di dunia maya. Ensiklopedia online ini tersaji dalam banyak bahasa, antara lain bahasa Indonesia.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
Paranormal Indonesia